Belajar Cepat dan Mudah dengan “Platform”

by - 18:34


Teknologi sepertinya telah membantu banyak sekali hal bagi manusia, terutama dalam mendapatkan Ilmu. Jika dulu manusia harus bersusah payah untuk mendapatkan ilmu, seperti misalnya harus berguru bertahun-tahun ke orang atau harus membeli atau meminjam banyak buku unuk mencari sesuatu atau belajar sesuatu dan masih banyak lagi.

Sekarang atau Jaman Now, manusia tidak perlu berusah payah untuk mendapatkan ilmu. Banyak sekali cara atau teknologi yang dapat membantu manusia untuk mendapatkan ilmu secara cepat dan independen (Baca: Otodidak). Banyak sekali aplikasi atau website atau platform yang mempermudah manusia dalam mendapatkan ilmu. Jika kalian masih merasa susah untuk belajar atau masih merasa kesulitan berarti anda manusia Jaman Old hehe bercanda.

Saya akan memberikan beberapa rekomendasi tempat dimana anda dapat belajar atau mendapatkan Ilmu dengan cara cepat dan mudah. Tentu saja tempat yang saya maksud tidak lah jauh atau susah ditempuh. Hanya butuh internet, karena semua tempatnya ada di Dunia Maya.

1. Google

Yup, posisi pertama adalah Google. Google selalu menjadi pilihan pertama banyak orang ketika mereka tidak tau sesuatu misalnya arti, makna, cara, arah jalan dan lain-lain. Google juga sangat mudah diakses dan semua orang dapat berbagi atau mencari segala macam ilmu, wawasan, pengetahuan, pengalaman dari Google. Banyak fitur dari google yang mempermudah anda misalnya mencari tau arah jalan melalui Google Map, menyimpan file dan berbagi lewat Google Drive, mencari tau pendapat orang lewat Google Form dan lain-lain. Kalian bisa juga mencari tau manfaat yag lebih dari google di Google sendiri atau bahkan mencari kegunaan dari PlatForm yang saya coba jelaskan.





2. Youtube
Bagi saya membaca atau belajar bukan hanya dari Buku, tapi juga dari banyak hal misalnya menonton Video. Video bagi saya mempermudah untuk berimajinasi dan mampu mempermudah saya untuk mengerti sesuatu lewat Visual atau gambar yang ditampilkan. Platform yang menjadi rujukan pertama bagi banyak orang adalah Youtube. Youtube banyak sekali memiliki video. Bagi saya Youtube seperti Search Engine dalam bentuk Video. Banyak sekali Video yang edukatif atau bermanfaat dalam mencari Ilmu misalnya tentang agama, cara menggunakan sesuatu, review buku, film, music dll, pembelajaran dari segala tingkatan dan banyak sekali jenis dan macam, Pokoknya banyak.

3. Cousera
Cousera merupakan platform yang membuat kita bisa belajar di Universitas terkenal di Dunia secara online. Materi banyak disampaikan dengan video yang mempermudah kita untuk mengerti dan tidak harus pergi ke universitas tersebut untuk belajar. Untuk mendapatkan sertifikat jika sudah belajar memang harus bayar. Tapi jika tidak, anda masih bisa belajar dengan gratis kok. Jadi jangan sia-siakan kesempatannya ya. Sangat rekom buat yang ingin ke kuliah di luar negeri, mungkin bisa mencoba suasanya dulu di Cousera.

4. Duolingo
Duolingo merupakan platform dimana kalian bisa belajar banyak bahasa secara cepat dan mudah. Buat kalian yang masih awal dalam belajar bahasa-bahasa asing, anda bisa belajar disini. Metode belajarnya sangat mudah dan membuat anda akan belajar dengan cepat.

5. Media Online

Selain membaca buku anda bisa memanfaatkan waktu luang kalian untuk mendapatkan informasi ter-update atau opini seseorang atau masyarakat mengenai banyak hal anda bisa membacanya dengan cepat melalui media online. Banyak sekali media online sekarang ini misalnya, kompas.com, detik.com, Jakartapost dan lain-lain. Atau bagi kalian yang ingin tau opini-opini yang kritis anda bsa membuka mojok.co, geotimes, Indo Progres, Qureta dan masih banyak lagi.

6. Dan Masih Banyak Lagi
Dan masih banyak lagi platform yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu. Anda bisa mencarinya sendiri jika mau atau bantu komentar platform apa yang banyak membantu kalian.


Dengan semakin banyaknya informasi-informasi yang tidak benar atau biasanya disebut Hoax,kita perlu ekstra hati-hati dalam menyimpulkan kebenaran informasi. Perlu adanya filterisasi, comparing, katagorisasi dan lain-lain. Perlu pikiran dan hati yang jernih dan bijak untuk mencari kebenaran di jaman ini. Namun tidak perlu takut, Perkembangan teknologi sebaiknya dimanfaatkan dengan baik, jangan sampai kita justru menjadi negatif karena teknologi. Semoga bisa menjadi manfaat bagi banyak orang. Aamiin. 


You May Also Like

0 komentar