CARA MEMILIH JURUSAN IPA/MIA atau IPS/IIS

by - 20:47

CARA MEMILIH JURUSAN ANTARA
IPA DAN IPS (MIA DAN IIS)

Kebanyakan temen - temen kelas 10 SMA bingung mau milih jurusan IPA atau IPS. Tapi ada juga yang langsung milih tanpa berfikir panjang kedepan. Sebenarnya itu salah besar karena milih jurusan itu adalah awal dari mau dibawa kemana hidup kalian nanti (lebay banget yaa :D) tapi emang gitu sih,-à menurut aku hehe..   

Dewasa ini nama IPA DAN IPS sudah diganti dengan MIA (Matematika Ilmu Alam) dan IIS (Ilmu-Ilmu Sosial). Bedanya, katanya sih kurikulumnya sama aja tapi milih jurusannya mulai dari kelas 10. Jadi buat kalian yang sekarang masih SMP kelas 1, 2, 3 bersyukurlah. Karena kalian masih mempunyai kesempatan banyak untuk memilih dan mempertimbangkan mana yang baik buat kalian. Untuk yang baru tau jangan panik dan bingung :D kalian bisa baca postingan ini dan semoga ini bisa membantu. Okee langsung ajaa...




11.  Pilih Jurusan sesuai dengan CITA-CITA
Jadi maksudnya kalau Cita-Citanya Dokter ya harus IPA/MIA kalau mau jadi Jaksa ya masuk aja di IPS/IIS. Sebenernya bisa aja Anak IPA nanti kuliah masuk jurusan di IPS misalya Ilmu politik. Tapi kan nanti ilmu kalian akan sia-sia terus buat apa lama-lama belajar 3 tahun kalau ilmunya nggk dimanfaatin? :D . Bagi yang nggk punya Cita- Cita, saya bantu deh mungkin bisa sedikit membantu. Kalau kata Mario Teguh "Cita-Cita itu adalah gambaran di masa depan kalian itu mau jadi apa". Maksudnya coba kalian bayangkan dimasa depan itu pekerjaan yang kalian banget itu bagaimana sih? . buat yang masih sulit ya terusin baca deh artikel ini.

22.  Pilih Jurusan sesuai MINAT DAN BAKAT
Jadi kalian milihnya gini guys, Kalau kalian suka dengan hal hal yang sifatnya percobaan atau penelitian ilmiah atau lebih kuat dalam menghitung angka2 matematika atau kalian lebih bisa membayangkan sesuatu yang nggk bisa dilihat tapi kalian bisa melogika sepertinya kalian cocok masuk di IPA. karena menurutku gini, Ilmu IPA seperti kimia atau fisika itu kan menghitung sesuatu yang secara kasat mata kalian nggk bisa lihat kan? Contoh menghitung gaya? Kecepatan ? suara? Dan dalam kebiasaan sehari2 kurang begitu diperhatikan kan? Jadi kalau kalian bisa mikir/membayangkan wujud dari Ilmu itu berarti ya Kalian sudah cocok sama IPA

Kalau kalian lebih seneng dengan hal2 yang bersifat memprediksi, mengira-ngira atau berlogika secara nyata dalam kehidupan bermasyarakat dalam kehidupan sehari-hari maka kalian cocok masuk di IPS. karena gini guys, seperti sosiologi dan ekonomi dasar itu kan dilogika dalamkehidupan bermasyarakat bisa meskipun bukan itu intinya karena semuanya ada ilmunya. Jangan bilang sosiologi itu mudah atau ekonomi itu mudah karena itu semuanya ada ilmunya jadi kalau kalian bakat atau minatya di IPA akan sulit belajar di IPS

33. Pilih Jurusan sesuai KATA HATIMU
Kalau ada yang bilang anak IPA itu pinter-pinter, diem-diem manis-manis, imut-imut terus IPA itu nanti bakalan sukses itu salah besar guys. Salahnya dimana? Salahnya adalah jangan pernah ngejudge jurusan seperti itu, itu semua tergantung individu masing2. Terus jangan pernah memiliki presepsi kalau IPA itu itungan IPS  hafalan. Sebenernya nggk gitu guys. Semuanya ada hitungannya semua ada hafalannya.  Jadi nggk usah ragu hanya karena seperti itu kalau sudah fix milih jurusan ya bismillah aja bro. Dan kalau sudah memilih jangan disesali lanjutin aja guys mungkin itu emang takdir kalian hehehe.

4.       TAMBAHAN

        Kalau kalian sudah stuck bener-bener nggk bisa milih jurusan yang sudah galau putus asa dan nangis di pojok kamar karena sudah banyak sekali saran- saran dari orang terdekat kalian, segingga membuat kalian bingung. Jalan keluarnya adalah coba kalian kosongkan pikiran(maksudnya sudah nggk usah difikirin lagi/nggk usah dibuat beban) terus kalian coba minta tolong kepada Tuhan yang Maha Esa semoga dengan begitu kalian bisa mendapatkan petunjuk dari-NYA.

         Intinya memang harus difikiran baik baik tapi jangan sampai dibuat beban. Pengalaman dari saya sih jangan sampai kalian milih IPA karena presepsi orang, jadi meskipun nggk ada bakat atau kemampuan apalagi cita-2 ke IPA tapi kalian maksain masuk IPA. Kalau kalian di IPA jadi nggk dapet rangking, sedangkan kalau kalian milih IPS kalian bisa rangking. Kalian milih mana? Think :D hehe.

Jika pikiran sudah banyak menampung saran. biarkan hati yang bergerak. just choose it then dont ever regret it. because God knows what the best for you.

Penulis: Oktavimega Yoga Guntaradewa
Instagram: @Yogantarawa

You May Also Like

3 komentar

  1. bentar lagi mau SMA , niatnya sih mau ambil IPS... :D

    ReplyDelete
  2. Bentar lagi mau SMA nih awalnya bingung kata orang kebanyakan anak IPA itu pinter-pinter ternyata setelah baca postingan ini aku akan ikuti kata hati

    ReplyDelete