Tips Dan Trik Lolos Seleksi SNMPTN (Jalur Undangan)

by - 23:01

Cara Agar Tembus SNMPTN

Kita semua tau kalau tidak ada yang tau proses resmi penentuan agar lolos SNMPTN. Termasuk guru BK/ guru di sekolah kalian tidak ada yang tau secara resmi bagaimana dan apa caranya agar dapat lulus snmptn. Mereka hanya memberikan pengalaman-pengalaman dari kakak-kakak kelas yang pernah lulus snmptn.  Jadi untuk tingkat kelolosannya sedikit sekali dari yang diharapkan.

Disini saya ingin memberikan tips bagi kalian para pelajar yang akan mendaftar snmptn. Disini saya sebenarnya juga sama, saya memberikan tips ini berdasarkan pengalaman sendiri(JADI TIDAK RESMI). Saya lolos snmptn 2014, meskipun begitu ada sedikit yang saya sesali atau yang saya sayangkan karena saya mungkin bisa lebih baik dari jurusan yang saya pilih. Tapi kembali lagi ke Tuhan yang Maha Esa saya harus sangat-sangat berSYUKUR atas kenikmatan yang sudah diberikan Tuhan yang Maha Esa. Semoga dangan jurusan yang saya pilih, saya bisa lebih sukses dari jurusan yang saya inginkan sebenarnya(kok malah curhaaaat –“ hehehe).

Maka dari itu saya tidak ingin kalian semua mengalami seperti yang saya alami. Semoga tips ini dapat membantu kalian agar dapat LOLOS SNMPTN dan mendapatkan jurusan yang kalian inginkan. Langsung saja, silahkan dibaca. ENJOY IT !! GOOD LUCK !!

1.       Pilih JURUSAN
Dalam memilih, pilih jurusan yang kalian inginkan. Tapi kalau saya boleh saran, pilih jurusan yang kalian inginkan tapi yang sesuai dengan nilai rapot kalian mulai dari semester 1-5. Misalnya kalian ingin jurusan Teknik Sipil, berarti nilai fisika dan matematika kalian di semester 1-5 harus trus naik. Kalau ingin masuk hukum, berarti nilai PKN kalian harus naik trus kalau tetap sih masih bisa. Harus naik terus itu maksudnya, misal semester 1 = 75 semester 2 harus di atasnya atau paling nggk tetap 75.


1.  Pilih UNIVERSITAS
Dalam memilih universitas pilihlah univ yang memiliki jurusan yang kalian inginkan tapi akreditasinya minim B jangan sampai C. Karena katanya sih kalau akreditasinya C, kalian akan mendapatkan kesulitan dalam mencari pekerjaan nantinya. Trus pilih UNIV sesuai kemampuan anda. Karena biasanya dalam pilihan snmptn harus memilih 2 univ pilihan pertama pilih univ yang kalian inginkan. Dan yang kedua pilih univ yang sekiranya dengan kemampuan kalian, kalian bisa lolos. Jangan lupa ya guyyss banyak sedikitnya kakak kelas atau nilai ipk kakak kelas kalian di UNIV itu juga mempengaruhi peniliaian. Jadi saran saya pilih UNIV yang setiap Tahunnya sekolah kalian dapat banyak.

2. PENGURUTAN PILIHAN
Pilihan pertama kalian harus jurusan dan univ yang kalian inginkan tapi ingat jangan memilih jurusan dan univ yang terlalu tinggi, tinggi dikit sih nggk papa. Misal ya nilai kalian 80 kalian milih yang 90 itu ya ketinggian guys pilih aja yang 85 atau dibawahnya. Trus pilihan kedua dan ketiga anda boleh memlih yang tingkatannya dibawah pilihan pertama. Kalau bisa sih pilih yang anda yakin kalian akan lolos di jurusan dan univ itu.

4.       Hal-hal yang MEMPENGARUHI PENILAIAN (MENURUT SAYA)
a.       Nilai rata2 rapot harus naik terus atau tetap. Kalau bisa nilai mata pelajaran yang sesuai jurusan harus naik trus atau tetap juga. Jadi kesempatan lebih besar
b.      PRESTASI( sertifikat atau piala atau apapun itu penghargaannya entah juara 1,2,3 bahkan nggk menang cuman jadi peserta aja itu kalian ikutin aja guys nggk papa pokoknya jumlah prestasi maksimal 3)
c.       Jumlah kakak kelas yang ketrima di PTN
d.      Nilai IPK kakak kelas yang jadi mahasiswa di PTN
e.       Akreditasi sekolah masing2 (buat kalian yang sekolah swasta jangan khawatir guys saya aja bisa kok)
f.        Rangking kalian di sekolah kalian bukan hanya dikelas
g.       Kalau dari tahun 2014 katanya sih nilai UNAS ikut juga mempengaruhi
h.     Sepertinya itu aja guys  yang saya INGAT hehehe. Coba kalian sering-sering konsultasi sama guru BK kalian masing2 masalah SNMPTN kalian agar kalian dapat terbantu


 USAHA DAN DOA 100% (PENTING BROOO !!!)

          Dalam usaha jangan pernah puas. Kalian harus terus belajar belajar dan belajar. Karena disana saingan kalian se-Indonesia sedang berjuang lebih dari anda. Jadi ingat itu baik-baik agar kalian tidak malas.  Kalau bisa belajar yang ikhlas bro jangan mengaharapkan nilai meskipun nilai itu juga sangat perlu. Tapi buat apa kalian dapet nilai tinggi-tinggi kalau kalian di PTN nanti gk bisa apa2?. Oh iya bro kalau kalian misal masih semester 4 dan kalian ingin masuk jurusan Ekonomi. Nilai kalian ekonomi sampai semester 4 masih bagus masih naik. Tapi kan masih ada semester 5 yang masih tanda tanya nih bro??? Betul tidak?.

         Maka dari itu saran saya kalian harus konsultasi ke guru kalian bro. Tanya-tanya masalah nilai kalian bagaimana cukup tidak kurang tidak. Kalau terpaksa kurang minta tambahan nilai di pelajaran ekonomi tapi dengan TUGAS dan Tantangan yang berat bro nggk gitu aja biar nilai kalian sesuai dengan kemampuan kalian. dan dengan catatan harus sebelum ujian semester broo. Kalau sudah sampai rapotan trus minta ganti ya itu gk boleh lah broo. Gk dibolehin sama sekolah, agama dan negara hehehe.

        DALAM DOA kalian juga sama, nggk boleh naik turun doanya. Harus dinamis naik. Dengan catatan kalau doa yang ikhlas bro kalau bisa. Jadi misalkan kalian doa banyak-banyak tapi gk dikabulin jangan marah atau ngancam sama Tuhan bro. Tapi yang aku percaya ya guys kalau usaha dan doa sudah maksimal 100% dan Niat yang juga sama, InsyaAllah Tuhan akan mengabulkannya..

Sekian dari saya semoga tips2 diatas bermanfaat. Jika ada pertanyan, komen atau saran bisa langsung dklik aja ya tombol komentarnya... hehehe


GOOD LUCK !! BISMILLAH !!

Penulis: Oktavimega Yoga Guntaradewa
Instagram: @Yogantarawa

You May Also Like

1 komentar