Sebuah Pemikiran: Pentingkah Ujian?

by - 08:07

Sebuah Pemikiran: Pentingkah Ujian?




          Pernah nggk sih kalian bertanya kenapa kok ada ujian di sekolah? Pasti ada jawaban ya untuk menguji kemampuan lah, ya untuk mengukur kepintaran lah, ya untuk bla bla bla bla. Terkadang aku sendiri berfikir ujian itu untuk apa. Banyak siswa yang baru belajar saat ujian, banyak orang tua menjadi perhatian saat ujian, banyak orang yang belajar, banyak orang yang tinggal buat contekan,  banyak hal terjadi saat ujian.

Pendapat pribadiku mengatakan ujian adalah arena pertandingan akademik berbagai siswa dengan tujuan sekolah yang berbeda – beda. Iya nggk sih?. Ada orang yang niatnya sekolah cari ilmu belajar terus sampai dapat nilai bagus. Ada orang yang niatnya cari nilai jadi tahu cara dapat nilai mulai dari yang halal sampai haram, ada yang sekolah cuman buat ngisi waktu luang ngerjain seadanya sampai – sampai nilai D tapi masih kayak gk ada beban.

Well, semua nggk jadi masalah sih ketika memang  ada perkataan “setiap orang punya jalan masing – masing”  tapi yang menjadi masalah adalah ketika anggapan masyarakat atau stigma mereka menjadi sebuah hp canggih yang harus dibeli. Pernah nggk sih kalian udah usaha belajar keras terus dapat nilai jelek terus temen – temen, keluarga atau masyarakat memandang kalian bodoh? Pernah nggk sih kalian ujian nyontek gk belajar tapi dapet A terus masyarakat bilang kalian pinter?. Pernah nggk sih ketika kalian udah belajar keras dapat nilai A terus temen kalian tinggal nyontek dapat nilai A terus kalian dianggap sama pintarnya?. Lucu nggk sih?

Well lagi, masyarakat memang sangat lucu. Nggk perlu menyalahkan masyarakat tapi pecahkan kodenya. Hasil tidak akan menghianati usaha temen – temen sekalian yang belajar keras. Akan ada hasilnya suatu saat nanti dan tunjukan saja bahwa ujian bukanlah indikator kecerdasan seseorang. So? Penting atau tidaknya ujian tergantung bagaimana kita memaknai sendiri dan tidak memperdulikan hal – hal lain yang akan menhancurkan ketulusan kita mencari ilmu dan menuju kesuksesan.




You May Also Like

1 komentar