3 Wisata dalam Sehari di Karanganyar Jawa Tengah

by - 20:25


Jawa tengah ternyata memiliki banyak kota yang indah, salah satunya Karanganyar. Di Karanganyar terdapat banyak sekali wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.  Awal Agustus kemarin Saya dan teman-teman ingin mengisi liburan di Karanganyar tapi dalam waktu sehari. Karena jarak tempuh yang cukup jauh dari Jogja, kami berupaya mencari tempat wisata yang tidak hanya satu. Setelah melakukan pencarian di google ada 3 tempat yang menarik untuk dikunjungi. Malam sebelum berangkat kami berdiskusi tentang tempatnya dimana dan rundownnya bagaimana. Setelah sudah pasti kami pun berangkat.
1. Air Terjun Jumog 
Kunjungan pertama kami yaitu Air Terjun Jumog. Sebenarnya ada lagi yang lebih jauh yaitu air terjun Grojogan Sewu. Tapi sepertinya akan memakan waktu yang lama jadi kami memutuskan untuk ke Iar Terjun Jumog. Air Terjun ini sangat bagus karena banyak fasilitas seperti kolam renang untuk anak-anak, warung, toilet, mushola. Air Terjunnya juga cukup besar. Banyak spot foto yang bagus disana jika ingin berfoto. Jika hanya ingin sekedar menikmati air di Air Terjun Jumog pun juga bisa. Sebenarnya masih ada Air Terjun Parang Ijo dan juga Candi Sukuh di sekitaran Air Terjun Jumog. Jika kalian berminat, mungkin bisa sekalian dicoba.
2. Kebun Teh Kemuning
Kunjungan kedua yaitu kebun Teh Kemuning. Sebenarnya Kebun Teh Kemuning bukanlah tempat wisata karena memang hanya ada pemandangan kebun teh. Maka dari itu tidak ada tempat parkir. Kemarin kami titipkan ke warkop di sekitaran kebun. Banyak orang pun mau melakukan hal yang sama. Sebenarnya juga ada beberapa wisata lain yang masih mengambil pemandangan kebun teh, hanya saja kami kurang cocok dengan spot fotonya. Kami ingin spot foto yang benar kebun teh yang alami. Setelah selesai menikmati dan berfoto kami pun beristirahat sebentar di warung kopi dekat kebun teh.
3. Candi Cetho
Kunjungan terakhir sebenarnya menjadi tujuan kami berlibur di Karanganyar, yaitu ingin menikmati pemandangan candi cetho bersama senja. Saat memasuki candi kami diharuskan memakai semacam kain kotak putih seperti kain Bali. Tenang saja, kain tersebut sudah disediakan oleh pihak candi.
Pemandangan senja sekaligus pemandangan kota Karanganyar dari ketinggian memang luar biasa. Setelah Candi Ijo di Jogja, sepertinya Candi Cetho juga memiliki Senja terbaik. Sungguh sangat memuaskan menjadikan Candi Cetho sebagai destinasi terakhir.
Malamnya kami makan di Solo dan pulang larut malam. Karanganyar memang kota kecil, tapi potensi wisatanya sangat besar. Teruntuk Candi Cetho saat Senja, sangat direkomendasikan. Sekian dan terimakasih. Semoga bermanfaat dan selamat liburan!!.
Jika ada pertanyaan detail, bisa DM Saya di Instragram @yogantarawa

You May Also Like

0 komentar