Organisasi Sosial-Pendidikan di Yogyakarta

by - 20:01


Sebagai kota pelajar yang memiliki banyak sekali perguruan tinggi di dalamnya, Jogja memiliki banyak sekali mahasiswa yang sedang menuntut ilmu. Kebanyakan dari mereka, berupaya mengisi kegiatan dengan bergabung di kegiatan sosial. Berdasarkan informasi yang Saya dapatkan, kota Jogja memiliki banyak sekali komunitas sosial. Bahkan, bukan hanya banyak tapi juga mereka memiliki kesadaran kolektif untuk berkoordinasi dan juga berkolaborasi antar sesama komunitas atau organisasi sosial. Banyak sekali persatuan komunitas sosial yang ada di Jogja, salah satunya adalah forum peduli Jogja.
Pada waktu itu Saya sempat diundang untuk menghadiri acara mereka tentang diskusi kerelawanan. Dalam diskusi tersebut dibahas alasan mengapa relawan bisa masuk dan keluar dari organisasi sosial. Permasalahan kerelawanan ini memang menjadi masalah besar dari organisasi sosial. Maka dari itu, jika hal tersebut didiskusikan bersama, harapannya akan tumbuh pengetahuan tentang bagaimana mengelola kerelawanan yang ada di komunitas atau organisasi sosial. Saya pikir diskusi dan forumnya sangat penting dan bermanfaat bagi banyak komunitas di Jogja. Saya juga berpikir jika hal tersebut dapat digunakan contoh bagi kota lain. Meskipun, yang Saya tahu di Surabaya pun sebenarnya juga ada. Namun, sepertinya untuk keaktifannya masih tidak terlihat lagi.
Selain kegiatan sosial, Saya sebenarnya tertarik untuk membahas kegiatan sosial di bidang pendidikan. Yogyakarta sebagai kota pendidikan harusnya memiliki kegiatan sosial di bidang pendidikan yang lebih kuat secara jaringan ataupun komunitasnya itu sendiri.
Di Jogja, Ada dua komunitas yang Saya ikuti. Pertama, KBSI (Komunitas Belajar Sejahterakan Indonesia). Kedua, (KIY) Kelas Inspirasi Yogyakarta. Kedua organisasi tersebut bergerak di bidang pendidikan dengan kegiatan yang berbeda. Jika KBSI berkaitan dengan bantuan pendidikan berupaya pengajaran materi akademis dan non akademis di daerah pinggiran Jogja, sedangkan KIY berkaitan dengan upaya menginspirasi anak-anak SD di Jogja tentang Cita-cita. Seperti banyak organisasi sosial lainnya, masalah keduanya sebenarnya sama yaitu di keaktifan anggota atau berkaitan dengan kerelawanan. Tentu, keduanya memiliki tingkatan masalah yang berbeda. Namun, intinya sebenarnya sama yaitu persoalan sumber daya manusia.
Persoalan jaringan kolaborasi antar komunitas sosial di bidang pendidikan kota Jogja cukup baik karena ada forum bersama terkait dengan pendidikan. Forum tersebut dinaungi oleh komunitas Semua Murid Semua Guru (SMSG) Jogja. Forum tersebut berkegiatan setahun sekali saat hari pendidikan nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh kerja sama dari banyak komunitas sosial di bidang pendidikan kota Jogja. Kegiatan tersebut juga untuk tahun ini bekerjasama dengan dinas pendidikan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal tersebut menurut Saya cukup baik karena ada kerja sama dan kolaborasi antar komunitas dan juga ada kerja sama dengan pemerintah. Ini mencerminkan bagaimana good governance sudah tercipta di pendidikan kota Jogja. Saya pikir ini hal baik yang perlu diteruskan dan juga diperbaiki lagi kedepannya karena Saya melihat juga sebenarnya masih ada beberapa masalah yang perlu diperbaiki bersama.
Dengan suasana yang begitu tenang di Jogja, membuat atmosfer untuk berkegiatan di sana menjadi sangat menyenangkan. Sebuah pembelajaran besar bagi Saya terkait dengan dunia kerelawanan dan juga pendidikan di kota Jogja. Harapan dari cerita ini sebenarnya untuk memberikan gambaran tentang bagaimana kegiatan sosial di sana, terutama di bidang pendidikan. Sekian dan Semoga bermanfaat.
Jika ada pertanyaan detail yang ingin disampaikan, bisa menghubungi Saya melalui DM Instagram @yogantarawa.









You May Also Like

0 komentar