Wisata Edukasi Sejarah di Jogja

by - 19:45


Jika kalian suka dengan wisata sejarah atau wisata edukasi ada beberapa tempat yang bisa Saya sarankan untuk kalian. Saya akan bagi menjadi tiga bagian yaitu Sejarah Jogja, Sejarah Merapi dan Sejarah Candi. Sebenarnya masih banyak hal yang bisa dipelajari dari kota Jogja, Namun yang bisa Saya sarankan hanyalah tempat yang pernah Saya kunjungi saja. Selebihnya kalian mungkin bisa mencari sendiri sesuai apa yang ingin kalian tahu di Jogja. Berikut adalah wisata sejarah atau wisata edukasi yang bisa kalian kunjungi di Jogja.
1. Sejarah Jogja
a. Keraton Jogja
Jika kalian ingin tahu tentang sejarah tentang jogja, kerajaan, kota, raja Jogja kalian bisa mengunjungi Keraton dan meminta ditemani guide disana. Kalian akan dijelaskan mengenai secara lengkap terkait sejarah Jogja.
Sumber: Google
b. Ulen Sentalu
Setelah keraton maka kalian wajib ke Ulen Sentalu untuk penjelasan yang lebih detail dan luas terkait dengan Jogja dan juga Jawa secara keseluruhan. Museum ini memiliki HTM yang cukup tinggi yaitu sekitar 40.000, meski begitu kalian tidak akan rugi jika sudah masuk di Ulen Sentalu. Kalian akan dijelaskan oleh pemandu wisatanya secara detail dan kalian bisa tanya banyak hal disana. Di pertengahan tur, kalian akan diberi minuman tradisional khas Jogja. Pokoknya jika kalian sudah sampai disini, kalian akan mendapatkan banyak hal terutama ilmu pengetahuan tentang sejarah Jogja.
Sumber: Pribadi
c. Taman Sari
Taman Sari merupakan tempat liburan anggota kerajaan pada jaman dahulu. Tempat ini akan menjadi pelengkap dari cerita-cerita sejarah tentang keraton Jogja. Hal yang akan dijelaskan oleh pemandu wisata disini lebih kepada makna dan fungsi bangunan dan bagaimana kondisi geografis jaman dahulu. Jasa pemandu wisata disini dibayar seikhlasnya jadi jangan takut kemahalan dan tidak mau menyewa tour guidenya ya.
Sumber: Google
Sumber: Google
d. Vredeburg
Jika benteng Vredeburg yang ada di Solo tidak dibuka untuk umum. Di Jogja, benteng ini dibuka untuk umum dan terdapat diorama tentang sejarah Indonesia. Benteng ini juga memiliki tiket masuk yang cukup murah yaitu sekitar 5000.
Sumber: Google
2. Sejarah Merapi
a. Museum Merapi
Dalam museum ini dijelaskan mengenai sejarah meletusnya gunung merapi, penjelasan tentang berbagai gunung merapi yang ada di Indonesia, kondisi geografis Indonesia dan juga bagaimana bencana alam bisa terjadi. Jadi museum ini bukan hanya tentang gunung merapi tapi juga tentang bencana alam secara luas. Dalam museum ini juga ditunjukan replika dampak dari meletusnya gunung berapi. Pemutaran film yang ada di museum ini juga menambah daya tarik museum ini. Dalam film tersebut dijelaskan tentang potensi, sejarah dan dampak gunung merapi.
Sumber: Pribadi
b. Museum  Sisa Hartaku
Museum ini merupakan museum tentang hasil peninggalan asli dari korban gunung merapi dan banyak benda yang menggambarkan ganasnya gunung merapi. Museum ini sangat sepi dikunjungi karena tempatnya yang sepertinya agak terpencil. Tidak ada tiket masuk di museum ini.
Sumber: Pribadi
c. Bunker Kaliadem
Bunker ini sebenarnya memiliki banyak sekali sejarah yang berkaitan dengan Gunung Merapi. Cerita yang cukup menyedihkan adalah saat pemandu menjelaskan bahwa ada dua aktivis saat gunung Merapi meletus yang masuk ke Bunker tapi mereka tidak selamat karena bunker tertimbun pasir sangat dalam.
Selain wisata sejarah, bunker ini juga banyak dimanfaatkan pengunjung untuk foto alam. Dibelakang bunker terdapat pemandangan Gunung Merapi yang megah.
Sumber: Pribadi
3. Sejarah Candi
a. Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko
Candi Prambanan sebenarnya terletak sangat jauh dari kota, namun jika kalian ingin ke Candi ini dengan murah kalian bisa naik Bus Trans Jogja dengan hanya membayar 3000 rupiah. Tiket masuk candi prambanan sekitar 50.000 jika tidak naik lagi harganya. Meski begitu keindahan candi ini benar-benar tidak akan membuat kalian rugi. Jika kalian mempunyai uang lebih kalian bisa sewa tour karena mungkin juga bayar. Kalian juga bisa beli tiket ke Candi Ratu Boko yang jaraknya tak jauh dari candi Prambanan.
Sumber: Pribadi
b. Candi Ijo
Candi Ijo merupakan candi yang paling favorit menurut Saya karena suasana di candi Ijo begitu damai dan sejuk. Saya sarankan kalian menikmati candi Ijo saat Senja, Saya jamin kalian tidak akan rugi disana. Senja di Candi Ijo adalah senja terbaik yang ada di Jogja. Candi Ijo merupakan candi yang letaknya paling tinggi di Jogja. Ketika berada disana kalian bisa melihat pemandangan kota Jogja dengan sangat jelas, begitu juga dengan senja. Saya tidak tahu banyak tentang seajrahnya karena Saya tidak menyewa pemandu. Hal yang Saya tau adalah kenapa dinamakan candi Ijo adalah karena terletak di bukit yang berwana gumuk ijo (CMIIW).
Sumber: Pribadi
Sumber: Pribadi
Jika kalian melakukan wisata sejarah, alangkah baiknya jika berani membayar mahal untuk pemandu tur museumnya. Biar dapet ilmunya, dengan begitu kalian tidak akan rugi berwisata di tempat bersejarah. Selamat belajar sambil liburan!
Jika ada pertanyaan bisa DM saya di Instagram ya @yogantarawa



You May Also Like

0 komentar