Analisis Film: Superhero “Civil War” Sebagai Budaya Pop Culture Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Konsumsi

by - 13:32



BUKAN PERANG SIPIL BIASA!! Captain America: Civil War merupakan film Amerika Serikat yang berkisah tentang Perseteruan para superhero yang ada dalam komik marvel, perseteruan itu dikarenakan perdebatan pendapatan antar superhero dalam menyikapi undang – undang tentang regristasi pahlawan super.

Di dalam film tersebut terdapat sekitar 12 superhero dalam satu film yang sebenarnya adalah film tentang satu tokoh pahlawan super yaitu Captain America. Dalam film tersebut juga terdapat tokoh superhero yang belum pernah muncul ataupun yang sudah pernah muncul. Civil war sendiri adalah sekuel ketiga dari film captain america. Civil war juga sebenarnya melanjutkan jalan cerita dari beberapa film superhero lainnya.

Jika dapat dianalisis mengenai budaya pop culture mengenai film superhero Marvel adalah adanya kesatuan cerita yang konsisten dijalankan dari awal untuk membentuk sebuah harmonisasi dari cerita – cerita superhero lainnya. Marvel seolah berusaha menyatukan fans dari beberapa tokoh super hero untuk membentuk budaya baru yang dapat mempengaruhi perilaku konsumtif di masyarakat. Marvel juga seolah menciptakan sebuah realitas palsu dimana dalam film marvel dibuat seolah superhero adalah sesuatu yang nyata jika dikaitkan dengan judulnya yaitu civil war yaitu perang masyarakat sipil padahal sejatinya masyarakat sipil tidak mempunyai senjata. 

Banyaknya superhero yang ada di dalam film civil war membuat para fans dari tokoh hero seperti Iron Man, Black Widow, Ant – Man, Spiderman, War Machine, Falcon dan lain – lain akan menambah pendapatan dari film ini. Film Civil War kini berpendapatan mencapai satu milliar dollar amerika serikat. Pencapaian yang begitu tinggi tidak kalah dengan film – film gabungan superhero yang lainnya seperti Avanger 1 dan 2. 

Beberapa tokoh superhero ada yang baru dikenalkan dalam film Civil war seperti Black Panther dan juga Spiderman yang baru juga diperkenalkan dalam film tersebut guna mendongkrak film – film yang nantinya akan berjalan sendiri. Tak hanya film – film dari superhero sendiri yang akan di dongkrak. Film ini juga nantinya akan melanjutkan cerita dalam sekuel avanger 3 nantinya di tahun 2018 dan 2019. 

Jika dilihat banyak sekali sekuel maupun prekuel yang ada dalam film superhero di marvel. Tidak hanya itu, marvel juga sepertinya akan membuat strategi film yang dibuat per bagian untuk menjaga minat dari adanya film superhero yang sekarang ini semakin menjamur. Nantinya film tersebut akan dibuat pada film avanger 3 part 1 dan part 2. Beberapa strategi memang tengah disiapkan marvel guna melanjutkan film – film sebelumnya dan mendongkrak film – film superhero yang lain.

Dalam film civil war yang diadaptasi dari komik marvel dengan judul yang sama juga terdapat bagian – bagian atau jalan cerita yang diubah guna mereproduksi dari komik yang sudah usang atau tidak sesuai dengan zaman. Hasil reproduksi itu juga guna membuat film superhero menjadi realistis dan sesuai dengan budaya pop culture jaman sekarang.  Ini menjadi penting karena budaya pop culture inilah yang nantinya akan menjadi pacuan dari selera para penggemar atau penonton film superhero.

Dalam film civil yang menarik adalah ketika penonton yang harusnya anak – anak ternyata terdapat banyak orang dewasa yang menontonya. Ini artinya marvel mampu mengemas superhero yang ada di komik mampu dinikmati segala kalangan guna menambah jaringan penonton superhero. Antusiasme masyarakat ketika film tersebut pertama muncul juga begitu besar terlihat dari pendapatannya yang sudah mencapai 300 juta dollar amerika serikat ketika pertama tayang. 

Dalam kemasan yang diberikan sutradara film marvel ini juga tidak hanya menyajikan aksi – aksi yang begitu menegangkan tapi juga memberikan humor – humor menggelitik dan mampu menggugah perasaan penonton dalam sebuah drama yang dimainkan ketika konflik antar kedua belah pihak superhero. Artinya marvel tidak hanya begitu serius seperti film superhero lainnya seperti DC, marvel juga memberikan ruang bagi berbagai khalangan untuk dapat dinikmati.

Tidak hanya hasil dari film marvel yang mampu menggerakan perilaku konsumtif masyarakat. Marvel juga berusaha merambah kerjasama dengan beberapa pihak terkait seperti gadget, permainan, atau aksesoris yang berhubungan dengan film guna mendapatkan hasil yang begitu besar dan mampu mempengaruhi pemikiran masyarakat akan sebuah realita palsu yang dihasilkan dalam film superhero seperti civil war. Ini artinya kekuatan dari marvel sebagai produsen tidak hanya berjuang sendiri melainkan bekerjsama untuk membentuk pangsa pasar yang membuat masyarakat konsumtif. 

Jika dianalisis seara sosiologis terutama mengkaji dalam bidang ekonomi film civil war dapat menjelaskan beberapa teori sosial mengenai hyper realitas, simulakra dan mcdonalisasi. Dimana teori-teori mikro yang diciptakan pada masa post modern tersebut juga mampu menjelaskan budaya pop culture yang muncul pada abad 21. Pengaruh dalam budaya pop culture inilah yang nantinya akan membentuk juga perilaku konsumsi masyarakat. 

Dalam penerapannya perilaku konsumsi masyarakat disini juga bisa menjadi sangat konsumtif ketika adanya kekuatan modal yang mampu menggerakan pangsa pasar yang nantinya juga dapat menentukan selera dari masyarakat. Persaingan film superhero akan menjadi termonopoli oleh film besutan dari komik Marvel dan pengerjaan dari studi marvel jika marvel mampu mengendalikan perilaku konsumsi masyarakat.

Pengaruh dari film – film di Amerika Serikat juga berpengaruh besar dalam budaya negara – negara berkembang. Dengan adanya globalisasi budaya – budaya pop culture semakin mudah memasuki budaya lokal masyarakat negara – negara berkembang. Dalam film civil war juga berusaha memakai tokoh – tokoh di negara berkembang guna menciptakan spirit yang sama.

Padahal jika dapat dianalisis mungkin itu hanyalah sebuah cara film besar amerika untuk mengumpulkan keuntungan pribadi. Jika ternyata benar maka perilaku konsumtif masyarakat telah diciptakan oleh budaya pop culture yang diciptakan barat seperti film superhero buatan marvel, contohnya film Civil War.




You May Also Like

1 komentar