OPINI BULAN RAMADHAN: GERAKAN BERBAGI UNTUK NEGERI

by - 23:55

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah bagi seluruh bangsa Indonesia. karena pada saat 9 Ramadhan, bangsa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian, bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan yang membuat kemajuan bangsa. Dan menjadi hadiah terindah bagi bangsa Indonesia.

Pada saat bulan Ramadhan, semua orang menjadi sangat bersemangat untuk berbuat kebaikan. Salah satu semangat yang dapat diambil dari bulan ramadhan adalah semangat untuk saling berbagi kepada sesama. Indahnya di Indonesia, berbagi menjadi sebuah budaya yang telah menjadi ciri khas terutama pada saat bulan ramadhan. Jika disadari, banyak sekali masyarakat berbondong – bondong memberikan sedikit hartanya untuk saling berbagi  makanan dan minuman pada saat berbuka ataupun pada saat sahur. Mulai dari anak kecil hingga dewasa, individu maupun komunitas/lembaga/organisasi, mereka semua tergerak hatinya untuk membantu sesama.

Menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk miskin Indonesia pada periode September mencapai 28,51 juta orang atau 11,3 persen dari total jumlah penduduk. Meskipun begitu, tak mengurungkan niat masyarakat Indonesia untuk saling berbagi di bulan Ramadhan. Pada saat berbuka ataupun saat sahur, tempat - tempat seperti masjid, jalanan, sekolah, alun – alun dan lain – lain menjadi tempat berbagi yang sangat ramai.

Bukan hanya umat islam saja, seluruh agama di Indonesia juga turut serta bergerak untuk berbagi dalam satu harmoni. Hal inilah yang menjadi dasar sebuah kemajuan bangsa yaitu semangat berbagi dalam masyarakat multikulturalisme. Adanya kepedulian berbagi meski berbeda agama dan suku bangsa telah menyatukan masyarakat Indonesia di bulan Ramadhan. 

Semangat berbagi dalam bulan Ramadhan inilah yang nantinya menjadi inspirai bagi individu ataupun kelompok untuk menyalurkan semangat berbagi setelah bulan ramadhan. Dengan jumlah penduduk yang mayoritas adalah usia produktif, banyak sekali anak muda yang bersama – sama membangun sebuah gerakan berbagi. Gerakan ini telah berkembang tidak hanya saat ramadhan tapi di setiap bulan. Artinya semangat berbagi di bulan Ramadhan telah menggerakan bangsa untuk membangun negeri sendiri.     

Berbagi bukan dalam satu berarti hanya berbagi makanan saja, konsep berbagi menjadi sangat luas seperti berbagi pekerjaan, berbagi ilmu, berbagi semangat dan lain – lain. Terbukti jika diamati, banyak sekali gerakan – gerakan yang bergerak di bidang pendidikan, di bidang ekonomi, ataupun di bidang sosial dan lain – lain. Dan kebanyakan diantara pendiri – pendiri gerakan – gerakan tersebut adalah anak muda yang peduli dan memiliki kreativitas yang tinggi.

Pengembangan konsep tersebut tidak lepas dari peran bulan Ramadhan dalam memberikan semangat berbagi untuk negeri. Banyaknya komunitas/lembaga/organisasi maupun individu yang berbagi telah menginspirasi banyak orang untuk juga berbagi. Tak hanya pada saat bulan Ramadhan, masyarakat telah peduli dan bergerak untuk berbagi kepada negeri.


Penulis: Oktavimega Yoga Guntaradewa

Instagram: @Yogantarawa

You May Also Like

0 komentar